Belajar Ekspor

5 Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Tahun 2021

Alhasil, banyak membuka peluang bagi siapa pun untuk ikut andil bahkan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika Parents termasuk aktif menggunakan sosial media, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi content creator, atau pun youtuber. Ada orang yang memiliki kamera dan gadget mumpuni, tapi tidak mampu menggunakannya secara maksimal. Banyak orang bisa memotret atau mengabadikan momen dengan video, tapi tidak bisa melakukannya secara profesional. “Duh, di dekat rumah saya sudah ada yang buka laundry, nanti kalau saya buka laundry saya malah enggak laku! ” Jangan jadikan itu penghalang bagi Bunda untuk membuka usaha yang sama.

Anda tinggal merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan. Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar.

Membuka jasa laundry kiloan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, dengan modal utama berupa mesin cuci, alat pengering, setrika dan pewangi pakaian. Menjalankan usaha rumahan membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang strategi pemasaran, serta pengetahuan akan manajemen usaha dan keuangan yang cukup baik. Berbeda dengan pekerja kantoran, usaha rumahan tidak terikat jam kerja sehingga dapat mengatur atau menyeimbangkan waktu kerja sendiri. Beberapa Contoh diatas merupakan bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal banyak. Setelah menguntungkan Anda dapat memulai untuk mengembangkan nya menjadi lebih besar. Sangat baik jika anda menganggap konsumen adalah mitra bisnis anda, bahkan mereka bisa menjadi konsultan bisnis anda.

Bisnis yang bisa kita buat dengan modal yang sedikit

Jenis usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah desain grafis. Jika Anda salah satu lulusan mahasiswa desain grafis atau Anda yang memiliki hobi ini, tentu sayang jika tidak dimanfaatkan untuk mencari peluang keuntungan. Seperti membuat brand perusahaan, desain baju, maskot, poster, sales space, atau inside.

Khasiat dari jus buah ini sesungguhnya bisa dibilang sama dengan buah aslinya. Nasi bungkus sendiri adalah nasi putih yang dikemas dalam bentuk bungkus disertai dengan lauk untuk makanan satu orang saja. Peluang usaha lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah budidaya cacing. Cacing sendiri adalah bahan yang cukup banyak dipakai untuk bahan tambahan beberapa obat. Cacing juga kerap dijadikan sebagai bahan dasar untuk proses pembuatan kosmetik.

Kendati disebut sebagai jajanan tidak sehat, tapi berjualan gorengan bisa jadi bisnis modal kecil dengan hasil yang menjanjikan. Tentu saja, di balik gaya hidup glamor tersebut ada sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan akun Instagram atau discussion board jual beli, kumpulkan pengikut, dan bukalah jasa perantara. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.