Belajar Ekspor

Ekspor Briket Arang Dan Komoditas Perkebunan Di Akhir Tahun Masa Pandemi

Sampai saat ini, CV Indoarab Interprise telah mengekspor produknya hingga ke 10 negara tujuan ekspor. Seiring dengan semakin banyaknya permintaan dari pasar luar negeri, karyawan CV Indoarab Interprise ini terus bertambah. Saat ini tercatat a hundred thirty orang tenaga kerja yang sebagian besar ibu-ibu di sekitar desa. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tentang bagaimana potensi briket arang Indonesia di luar negeri beserta kualitasnya yang sudah mampu bersaing di pasar internasional, briket arang produksi indonesia pun banyak dicari di luar negeri. Umumnya briket arang terbuat dari bahan tempurung kelapa, serbuk gergaji, atau limbah kayu lainnya yang sudah diolah dan diberikan beberapa bahan lain. Saat ini ada one hundred thirty orang tenaga kerja yang merupakan ibu-ibu di sekitar desa.

Adapun sejumlah strategi lain yang akan dilakukan untuk meningkatkan ekspor yaitu promosi dagang di dalam dan luar negeri seperti penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2021 di Indonesia dan keikutsertaan pada Expo 2020 Dubai Uni Emirat Arab. “Barang ekspor jenis arang bakau ini tidak terkena aturan lartas sehingga tidak memerlukan dokumen perijinan lain dari instansi teknis terkait,” katanya lagi. “Kalau nilai barang ekspor dikecilkan, maka seolah-olah keuntungan ekspor pun menjadi kecil,” tegasnya, Jumat (27/12). “Adapun keuntungan, dari modal 50 juta untuk satu kontener impoisnya hampir 90 samapai a hundred and ten juta, jenis kayu yang kita pakai kayu kopi yang asapnya itu putih, harum dan seratnya tidak berubah, kalau mahoni, jati seratnya itu pecah,” pungkasnya. Untuk saat ini, ekspor yang paling dominan itu, Taiwan, Korea dan Jepang, karena kayu kopi ini mereka punya market tersendiri disebutnya arang premium yang tidak keluar asap.

Sabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti keset dan juga untuk pelengkap pembuatan jok / jok mobil, dan tentunya batok kelapa yang dapat diolah menjadi briket arang. Malaysia merupakan negara penghasil dan pengekspor timah terbesar di dunia. Untuk melancarkan kegiatan ekspor impor negara Malaysia melakukan dua akses distribusi.

“Kami mempunyai agenda pameran rutin tahunan untuk produk hasil hutan, diharapkan para eksportir hasil hutan dari Indonesia dapat mengikuti pameran tersebut” imbuhnya. Sang istri baru tahu belakangan kalau ada drama di balik upaya suaminya mencari rezeki. Galang ternyata harus melewati jalan berliku untuk bisa jadi pengusaha.

Dalam dua tahun terakhir ini Pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar dalam pengembangan infrastruktur air untuk pertanian lahan kering. Hal ini tercermin dari besarnya anggaran yang dialokasikan melalui Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat maupun dari Kementerian Pertanian.

Ekspor arang

Dalam jangka panjang prospeknya positif meskipun banyak tantangan yang harus diatasi. Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kelapa di dunia. Dari whole nilai ekspor kelapa dunia pada 2019 yang USD11,6 miliar, Indonesia menguasai USD2,17 miliar. Namun nilai tersebut tergolong kecil bila dibandingkan potensi yang belum dikelola dengan maksimal. Sementara Konsul Jenderal Indonesia di Istanbul, Imam As’ari, menyambut baik atas berhasilnya produk Indonesia melakukan penetrasi ke pasar Turki, terutama ditengah pandemi world covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Negara Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat negara ini. Tambang tercatat US 1975 miliar atau turun 2070 dari 2019 sebesar US 2490 miliar. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti mengungkapkan salah satu peningkatan terbesar ekspor nonmigas Februari 2020 terjadi pada golongan barang logam mulia dan perhiasan.