Belajar Ekspor

Kkp Minta Optimalkan Ekspor Perikanan Ke Timur Tengah

Hadir juga dalam rapat teknis, PT Kelola Mina Laut yang juga berpartisipasi dalam hal penyediaan kapal untuk uji coba prototipe ini, serta yang nantinya menjadi salah satu konsumen dalam pemakaian reefer container ini pada produk makanan beku yang mereka miliki. Diterangkannya, kalau ekspor ikan napoleon dilarang oleh Pemerintah Pusat, lalu masyarakat Natuna harus kerja apalagi, dan bagaimana nasib anak-anak mereka yang sedang kuliah. Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda mengatakan, pemrosesan ikan dari penangkapan hingga ke pasar menjadi faktor utama yang menghambat ekspor ikan di Indonesia.

Ekspor ikan

Untuk itu industri perlu didorong, sarana dan prasana diperbaiki,” ujar Trenggono. Ia mengatakan anggaran yang di sisihkan ini harus benar-benar difokuskan untuk stimulus pembudidayaan ikan bagi masyarakat. “Kami menerima 20 notifikasi yang berasal dari 14 Unit Pengolahan Ikan terkait temuan ini,” kata Rina dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Bibit ikan ini tersedia di Merauke dan dapat dirubah menjadi ikan air tawar dengan perawatan berkala. Kemudian, ada juga Asian Arowana/Scleropages formosus yang populasinya sudah langka, dan berbagai jenis ikan lainnya yang sangat diminati oleh negara-negara tetangga. Dari nilai tersebut, pangsa ekspor produk perikanan ke AS mencapai forty persen atau tercatat sebesar 1,44 miliar Dolar AS. Hampir setiap tahunnya, nilai ekspor ikan tuna ke negara matahari terbit ini selalu naik. Menurutnya, para eksportir ikan hias memiliki pegawai sekira 60 orang dengan rata-rata pendapatan perbulan sebesar Rp 4 juta perorang.

“Tapi yang paling banyak dicari nelayan Berau dan dibudidayakan untuk dikirim ke Hongkong jenis kerapu tiger, sunu, lumpur dan cantang,” katanya. Untuk mendapatkan ikan istimewa tersebut, para tengkulak mesti berlayar beribu-ribu kilometer menuju perairan laut Natuna utara Apalagi, diperlukan proses panjang untuk mendapatkan ukuran ikan yang ideal untuk dikonsumsi. Selain kandungan gizi dan kelezatannya, bagi orang Asia, memakan ikan itu dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan . Di Pulau Sedanau nelayan tidak harus menunggu musim untuk mencari bibit-bibit ikan napoleon. Di sana nelayan tidak harus berburu di tengah laut seperti nelayan di Bali, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Terkait dengan industri pengolahan ikan, puluhan unit pengolahan dan pabrik ikan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, tidak beroperasi lagi.

Fadil Imran menerangkan penyerahan produk makanan olahan ikan dari pengusaha dan CSR kepada Polda Metro Jaya tersebut di inisiasi atas dasar cinta kepada masyarakat Jakarta. “Pemandangan indah di sini menyediakan kuliner olahan ikan yang langsung diambil dari kolam. Bisa dipancing juga, bukan hanya masyarakat, tetapi juga dari rombongan instansi disini, “ujar salah seorang pengunjung, Maya, Jumat, 11 September 2021. Menurut mereka, geliat ekonomi budi daya air tawar yang masih terkendala oleh insfrastruktur dan sarana-prasarana pendukung. Petani kolam merasa harus menghela napas panjang karena hambatan-hambatan tersebut dianggap jadi penghambat utama proses produksi. Diakui Recta, permintaan produk prebiotik Pro Em-1 di pasar domestik selalu meningkat ditengah peningkatan jumlah penderita Covid 19. Padahal produk ini tidak hanya untuk pencegahan dan pengobatan infeksi karena covid 19 saja.

Kendati, nilai ekspor ikan hias menurun menjadi US$ 13,eight juta atau setara Rp 194,6 miliar hingga awal Agustus 2020. Nilai tersebut didapat dari ekspor 540,eight ton ikan hias ke pasar internasional. Selama caturwulan pertama 2021 ekspor komoditas kelautan dan perikanan menunjukkan kinerja positif.

Kementerian Kelautan dan Perikanan bergerak cepat dengan melakukan penelusuran terkait penangguhan ekspor dari PT ALI ke China. TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Beberapa usaha tentunya mengalami keadaan terpuruk dikarenakan mewabahnya pandemi Covid-19. Beberapa usaha tentunya mengalami keadaan terpuruk dikarenakan mewabahnya pandemi Covid-19. “Selama ini yang menguasai pasar Timur Tengah untuk ikan patin adalah Vietnam,” sambungnya. “Kami berkomitmen memenuhi seluruh permintaan ikan kembung dari Thailand,” ujar Raenhat dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (12/5).

“Forum ini menjadi ajang pertukaran informasi tentang sistem jaminan kesehatan ikan dalam rangka pemenuhan persyaratan ekspor komoditas perikanan ke Timur Tengah,” tutupnya. Dari sisi komoditas, udang mendominasi ekspor ke negara-negara tersebut dengan nilai mencapai USD 466,24 juta atau 37,56 persen. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan varietas udang merupakan andalan ekspor ke luar negeri, dengan pasar utamanya yaitu Amerika Serikat . Bahkan nilai ekspornya mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24,6 triliun (kurs 14.500). Sementara itu, untuk produksi perikanan pada tahun 2020 mencapai 23,16 juta ton.