Belajar Ekspor

Literasi Digital Sulawesi 2021 Terhindar Dari Kebiasaan Konsumtif, Pahami Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan Berbelanja

Banyak teman baru yang bisa dikenalkan terhadap produk kita akan menambah keungkinan peningkatan pasar. Bahkan dalam sebuah komunitas bisa bersama-sama berkembang dalam produk yang sama. Dengan memiliki banyak jaringan bisnis akan memperluas pasar dari pruduk kita. Komunitas bisnis pun memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru tentang produk sejenis diarea yang berbeda,jika jaringan bisnis Anda berasal dari berbagai space.

Dalam teori bisnis saat ini, kekuatan utama sebuah perusahaan adalah jaringan. Tentu keberadaan komunitas bisnis akan menambah jaringan yang dimiliki oleh start-up dan akan menjadi aset intangible yang bernilai tinggi. Anggota komunitas ini kebanyakan adalah para pelaku Usaha Kecil dan menengah, pebisnis pemula, hingga wirausahawan. Kegiatan yang sering dilakukan adalah bertukar informasi dan mengadakan discussion board diskusi mengenai dunia bisnis. Komunitas ini ada untuk membantu kamu yang sedang menekuni bisnis dari sektor teknologi.

Samuel Guntur Gouw, CEO Pangestu Grup mengapresiasi adanya komunitas yang mewadahi mahasiswa yang mempunyai ide namun terkendala dengan modal dan pasar. Namun dengan adanya komunitas, diharapkan dapat memotivasi dan mendukung anak muda untuk terus berusaha mengembangkan bisnis start up-nya. BANYAK cara dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran berbisnis di kalangan anak muda. Salah satunya dengan membentuk wadah atau komunitas yang dapat menampung ide-ide kreatif kaum muda. Karena dari ide itulah kemudian muncul perusahaan rintisan atau yang biasa disebut dengan begin up. Menurut Joko, upaya menciptakan pengusaha muda ini tentunya membantu Pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perkumpulan Bisnis di Indonesia

Komunitas ini menawarkan beragam pengalaman menarik, agar para anggota kian lihai dalam menguasai ilmu bisnis. Terkadang, komunitas juga biasa menggelar seminar, diskusi, hingga kopdar alias kopi darat untuk mengenal satu sama lain. Nah, dalam dunia bisnis, selain kita mengenal mekanismenya, ada pula komunitas yang didirikan oleh sekelompok pebisnis, maupun orang-orang yang ingin memahami dunia bisnis. Universitas Indonesia memiliki peringkat/ranking universitas terbaik negeri di Indonesia yang berlokasi di Depok dan Jakarta. Cari data jadwal, cara daftar kuliah, beasiswa, dan jurusan kuliah terbaik untuk masa depan kamu di sini.

Meskipun terkesan tidak berdampak langsung dengan bisnis startup anda, komunitas seringkali justru menjadi dinamo tersendiri yang menggerakkan roda bisnis dari perusahaan. Tidak jarang feedback dari komunitas bisa memberikan perception untuk pengembangan produk, bisnis dan operasional sebuah startup. Memang diperlukan effort dan investasi tersendiri untuk mengelola komunitas terutama untuk bisnis yang baru berkembang, namun sejarah membuktikan hampir tidak pernah merugikan untuk bisa memiliki komunitas pengguna yang berjalan aktif dan dikelola dengan baik. Uniknya, ini bukan komunitas yang berbasis motivasi, multi level marketing, dan sejenisnya.