Belajar Ekspor

Peluang Ekspor Produk Olahan Kelapa Indonesia Dinilai Besar

Terkini, KJRI Istanbul menyambut baik pendirian perusahaan distribusi asal Indonesia di Istanbul yang bergerak di bidang penyaluran briket arang kelapa. Dimana pada 2020 (Januari – Oktober) nilai perdagangan kedua negara mencapai USD1,070 miliar dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD632,sixty six juta. Dubes Tri Tharyat menyatakan, ekspor arang kayu ke Kuwait menjadi bukti perluasan komoditi ekspor non-migas Indonesia ke pasar Timur Tengah.

Ternyata, 15 ton arang tersebut berasal dari kayu bakau asal pulau Kampai dan pulau Seruai di Kabupaten Langkat. Tim khusus Kodam I Bukit Barisan melakukan pencegatan dan memeriksa dokumen-dokumen setelah mendapat informasi ini. “Semoga, tema “Jawara UKM, Jawara Arang ekspor ke 8 ini, jadi kado istimewa untuk Pak Bupati dihari ulang tahunnya yang ke fifty six di tahun 2021ini, sekaligus menjadi momentum kebangkitan UKM Subang menembus pasar internasional. Ungkap Tono seraya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kang Jimat saapaan akrab H.Ruhimat.

Ekspor arang

Contohnya sajapemanfaatan briket arang tempurung kelapa yang cukup potensial bila dikembangkan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan gasoline elpiji. Tahun 2009, lanjut Tarman, pihaknya mengambil alih dan meneruskan bisnis arang tempurung kelapa. Dengan peluang pasar ekspor yang besar, itu berarti kebutuhan bahan baku batok kelapa pun akan semakin besar. Peluang itu pun seharusnya dapat ditangkap oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan batok kelapa. Dalam menjalankan bisnis seperti briket arang tempurung kelapa, yang terpenting adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen semakin loyal dengan bahan bakar alternatif yang ditawarkan. UKMBERDAYA.COM – Mungkin banyak yang sudah mengenal tentang manfaat dari limbah tempurung kelapa.

Importir selanjutnya akan menerima dokumen pengapalan jika kewajiban pembayaran kepadaopening Banksudah dilakukan. Dokumen pengapalan ini akan digunakan untuk mengurusimport clearancedengan pihak bea cukai di pelabuhan dan untuk mengambil muatan di perusahaan ekspedisi yang memuat barang yang dipesan. Jika jasa pengiriman telah dilunasi dan dokumen telah sesuai makaShipping Agentakan menyerahkan barang kepada Importir. Permintaan Importir akan ditanggapi melalui surat penawaran/offer sheetyang dikirimkan eksportir.Offer sheetini berisikan keterangan sesuai permintaan importir seperti penjelasan deskripsi barang, mutu, harga dan waktu pengiriman. Namun sebenarnya jika dibandingkan dengan prosedur impor, prosedur dan tata cara ekspor ke luar negeri relatif lebih mudah dilakukan.

Sabut kelapa merupakan komponen terbesar pada buah kelapa (sekitar 35%). Saat ini sabut kelapa hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada pengeringan kopra. [newline]Banyak yang mengira sabut kelapa hanyalah limbah, padahal terdapat peluang bisnis besar. Nilai jual produk sabut kelapa indonesia pun sangat rendah, di saat beberapa negara seperti Brazil dan Kenya mampu menjual produk ini dengan harga di atas 1,000 USD per Ton. Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak mampu mengoptimalkan produk sabut kelapa ini.

Menurut knowledge Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia Kuwait sejak 2015 mencapai US$ 2,eight juta per tahun dan termasuk 10 besar komoditas ekspor non-migas unggulan di Kuwait. Saat ini Konsulat Jenderal Republik Indonesia Istanbul menyambut baik pendirian perusahaan distribusi asal Indonesia di Istambul yang bergerak di bidang penyaluran hasil produk briket arang kelapa binaan Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia . Cara membuat arang sekam padi Arang sekam memiliki banyak kegunaan baik di dunia pertanian maupun kebutuhan industri. Para petani memanfaatkan arang sekam sebagai penggembur tanah, bahan pembuatan kompos, bokashi, takakura, media tanam dan media persemaian. [newline]Arang sekam dibuat dari pembakaran tak sempurna atau pembakaran parsial sekam padi. Bahan baku arang sekam bisa didapatkan dengan mudah di tempat-tempat penggilingan beras.

Beberapa negara tujuan eksport briket tempurung kelapa antara lain negara-negara timur tengah, Jepang, Australia dan lain-lain. Briket memiliki harga yang murah dibandingkan bahan bakar jenis lainnya sehingga penggunaannya dalam dunia industri dapat memberikan penghematan biaya. Di daerah Ketahun, Bengkulu Utara, briket telah digunakan sebagai pengganti kayu bakar yang harganya semakin naik. Penggunaan briket diketahui memberikan manfaat dari sisi pengeluaran usaha.