Belajar Ekspor

Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Studi Pada Industri Mikro Kecil Makanan Di Kota Denpasar

Kali ini wakil wali kota berkunjung ke industri makanan rumahan, Kirihuci Snack di Jalan Merkuri Indah Timur No. 18. Kirihuci Snack merupakan produk binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. Kedua sebagai pelaku usaha tentunya harus sabar di setiap saat dimanapun berada dan dalam situasi apapun. Apalagi dalam mengalami kegagalan pelaku UMKM harus bisa melewati kegagalan tersebut. Hambatan, tantangan dan kegagalan sangat akrab di masa pandemic sekarang dan pelaku UMKM harus tetap semangat dan toidak berputus asa dalam menjalankan usaha sehingga cepat pulih penghasilannya. Manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baik secara inner maupun ekternal sehingga mampu untuk beradaptasi dan tetap survive.

Kemudian, kami harus menyiapkan dua kategori produk makanan, yang siap saji dan yang dijual secara on-line, tentu ini butuh tenaga tambahan,’’ jelas perempuan yang sudah menggeluti usaha kuliner Bebek Rempah sejak 2014 itu. Sedangkan untuk meningkatkan nilai jual produk dan mudah di kenal oleh khalayak, pemasaran online dilakukan dengan memanfaatkan sosial media. Dalam pelatihan ini, Ani sapaan akrabnya, membuat desain logo untuk kemasan, mencetak stiker untuk kemasan, memberikan label produk, mengemas produk kemudian memasarkan produk lewat platform online. Dalam berjualan, kita harus senantiasa berpegang pada worth proposition di mana produk kita selain memuaskan perut juga bisa menjadi solusi bagi masyarakat. Ada knowledge dan promo yang posisinya hanya untuk gimmick karena mengikuti tren.

“Kami menyediakan platform solusi bisnis B2B untuk menghubungkan pelaku UMKM dengan suplier secara mudah transparan, serta memfasilitasi pelaku usaha pada sisi pengelolaan information melalui inovasi teknologi,” kata Aditya, di Jakarta belum lama ini. Cara mempromosikan makanan bukan hal yang mudah bila kita tidak pandai dalam strategi, sebab daya saing bisnis ini tergolong tinggi dan selera konsumen sering berubah-ubah. Untuk itu benar-benar dibutuhkan pemahaman dan strategi yang tepat agar cara promosi yang dilakukan bisa efektif. Dengan beragam variasi produk yang ditawarkan dari pelaku usaha lokal serta mitra brand terpercaya, pengguna dapat memenuhi segala kebutuhan di Shopee.

Oleh karena itu menjual makanan beku melalui media sosial adalah cara yang tepat. Selain itu karena kebutuhan makanan yang harus tercukupi sehingga mencari makanan yang tahan lama. Perlu diketahui, Ralali.com mendorong kemajuan UMKM di Indonesia dengan menghadirkan Business Innovation Group sejak 2018. Saat ini ada enam kategori BIG dengan fokus segmen usaha berbeda, yaitu kuliner dan jasa makanan, perkantoran, otomotif, bahan bangunan, kebutuhan FMCG, dan usaha retail.

Umkm dengan inovasi makanan

Jika tidak, perusahaan seiring waktu akan ditinggalkan konsumen secara perlahan-lahan seperti brand Nokia, Kodak, dan Blackberry. “Saat ini orang tidak sedang membutuhkan trend namun masker, sarung tangan, handsanitiser dan alat pelindung diri yang dipergunakan untuk perlindungan terhadap virus Corona. Saat ini sekitar one hundred forty five UMKM memproduksi kebutuhan tersebut dan disesuaikan dengan standart yang berlaku,” ujarnya. Tak hanya itu, selain mendata UMKM yang terdampak virus Corona, Rihari Wulandari juga turut memberikan motivasi dan arahan untuk UMKM yang sampai saat ini mengalami penurunan penjualan. “Mereka kesulitan mencari bahan dasar dan susah untuk mempromosikan hasil buatannya. Dalam hal ini kita melakukan pendataan kurang lebih sebanyak seribu UMKM yang terkena dampak Covid-19,” ungkapnya.

Dinas memiliki program pelatihan, program promosi dan memiliki PLUT KUMKM untuk mendukung pemberdayaan UMKM. Kondisi tersebut terjadi pada tiga outlet-nya yang fokus menjual masakan berbahan bebek dan ayam. Usaha ini dimiliki orang perorangan atau badan usaha, tetapi bukan anak perusahaan besar atau cabang perusahaan besar.

Semenjak saat itu Bunda Entuy mulai merasakan pemanfaatan teknologi yang sangat besar saat dia mulai belajar menggunakan teknologi tersebut. Salah satu indikator kelancaran bisnis pedagang di masa sekarang adalah cerdas dalam mengelola operasional bisnisnya, tak terkecuali dalam melakukan perhitungan bisnis dengan benar dan praktis. Sehingga demi kelancaran bisnis, sudah tentu penting sekali bagi para pengusaha untuk melakukan pencatatan dari hasil penjualannya. Namun demikian, Bunda Entuy mengaku tidak pernah menghitung secara pasti untung rugi dalam berjualan karena tidak pernah melakukan pencatatan sama sekali selama 34 tahun berdagang. Bagi Bunda Entuy, yang terpenting berapapun penghasilan yang ia dapat bisa untuk membiayai kehidupan keluarganya. Penjual makanan di meals courtroom sekitar GOR BIMA Cirebon ini tak menyerah dan terus beradaptasi dengan mencoba hal baru supaya dagangannya tetap laku.